Iklan Billboard 970x250

Apa Sih NTR Dalam Anime? Apakah Hanya Sekedar Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Saja?

Apa Sih NTR Dalam Anime? Apakah Hanya Sekedar Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Saja?

Hallo semuanya


Kembali lagi diblog pribadi saya, seperti pada postingan sebelumnya, setiap seminggu atau dua minggu sekali kita akan membahas sebuah topik ya yang bisa dibilang penting tapi juga tidak penting, namun tetap ada nilai edukasi didalamnya meskipun ini bukan blog pendidikan.

Pada pembahsan awal tahun 2019 saya ingin membahas suatu topik yang udah lama banget mungkin, dari awal saya buat blog 2015 mungkin topik ini udah ada yang bahas, tapi beberapa minggu kebelakang banyak orang tidak mengerti apa arti sesungguhnya dari suatu kata yang akan kita bahas.

Namun, sebelum melanjutkan pembahasan, saya inign mengucapkan

Selamat Tahun Baru 2019!! Semoga apa yang kamu harapkan ditahun 2019 terkabul dan terus diberi keselamatan dan kesehatan selama tahun 2019.

Oke kembali ke topiknya ya.

Seperti judul yang sudah kamu baca diawal, kali nih saya akan membahas suatu genre dari anime secara spesifik yaitu NTR atau Netorare.



Dibilang genre anime sih gak terlalu, karena untuk anime yang beredar pada umumnya di fansubs untuk kategori NTR sangat susah. Mengapa? Karena ada satu scene dimana tidak akan bisa ditampilkan secara gamblang oleh rumah produksinya. Terlebih dalam list genre secara umum, NTR tidak ada, NTR muncul hanya sebagai subs kategori dari romance yang dibuat oleh para penonton anime, sehingga lebih memudahkan dalam memilih suatu anime.

Sebelumnya kita bahas itu apa kata NTR tersebut dan perlu diingat NTR berkaitan dengan genre romance atau percintaan.

Pembahasan pertama 


1. NTR dalam bahasa Jepang 

Dalam jepang, kata NTR berarti Netorare yang mana bisa menjadi sebuah kata kerja yang ditulis menjadi netorareru atau netoru. Kata Netorare atau  netorareru atau netoru.ini didapat dari gabungan 2 kata dalam jepang.

寝取られ = Netorare 
寝る= neru =tidur 
取られる = torareru = diambil.

Di jepang makna kata Netorare atau  netorareru atau netoru bermakna sedikit kasar atau berbahya karena seperti kamu lihat arti kata diatas, terdiri dari kata ambil dan tidur yang bermakna seseorang mengambil (menikung) pasangan orang lain tetapi tidak hanya berhenti hanya mengambilnya, namun juga menidurinya.

Genre NTR sering dijumpai untuk anime-anime yang bercampur dengan genre dewasa/hentai. Mayoritas anime bergenre NTR sudah pasti masuk ke dalam anime bergenre dewasa/hentai.

Mengapa demikian?

Jika kamu melihat kembali keatas arti dari kata netorare maka kamu akan paham dengan sendirinya. Ada adegan menidurinya. Yup, didalam bergenre netorare tanpa dipungkiri pun pasti ada tampak sedikit scene dimana adegan tersebut dilakukan, dan jika adegan tersebut dinampakkan didalam anime bergenre itu rasanya tidak mungkin, karena ada sensor yang akan menghalangi untuk adegan tersebut. Bahkan untuk adegan berdarah dan gore saja, tidak bisa ditampilkan atau disensor atau warna darahnya diubah menjadi warna lain seperti dangaronpa sehingga tidak menimbulkan rasa jijik atau takut terhadap darah.

Dalam anime bergenre biasa (bukan dewasa) hampir semua ditayangkan ditevelisi jepang, sehingga kemungkinan untuk meloloskan adegan seperti meniduri itu tidak akan ditampakkan. Walaupun ada anime yang menayangkannya secara sekilas saja, namun dalam adegannya diberikan kode suara-suara saja, sehingga kita tahu bahwa ada adegan yang sedang dilakukan.

Anime tersebut adalah White Album 2.



White Album 2 secara terang-terangan menampilkan cuplikan tersebut secara sekilas pada 2 episode terakhirnya, sehingga kita bisa mengetahui cerita asli yang tersirat dalam animenya. Lalu White Album 2 apakah termasuk NTR?
Yup, secara gamplang jika kamu menyaksikannya dari awal sampai akhir maka kamu akan menemukan beberapa scene yang cocok dengan definisi NTR diatas.


Sehingga dalam disimpulkan jika NTR didefinisikan dalam bahasa jepang,maka ia adalah genre dimana seseorang akan mengambil pasangan orang lain(dalam hal percintaan, menikung) tetapi ia tidak hanya mengambilnya saja, melainkan juga menidurinya (ada adegannya) dan anime bergenre NTR mayoritas terdapat pada anime dewasa/hentai dimana dikategori 18 tahun ke atas(18+).

2. NTR dalam bahasa Indonesia

Loh bahasa indonesia?
Pasti kamu bertanya kenapa saya memasukkan NTR juga kedalam bahasa Indonesia..

Kamu bisa melihat artikel dibawah :

Anime-anime NTR dengan Cerita Dramatis yang Bikin Nangis By Kincir.com

Sudah?

Nah nampak disitu mereka menjelaskan bahwa NTR berarti Nikung Tanpa Rem

Mereka menyebutkan sekitar 15 Anime yang mereka rekomendasi masuk kedalam anime NTR.
  1. School Days
  2. Oregairu
  3. Kuzu no Honkai
  4. Ao Haru Hide
  5. Kiznaiver
  6. Aldnoah Zero
  7. Gamers!
  8. White Album 2
  9. Kokoro Connect
  10. Boku dake ga inai machi (erased)
  11. Kimi no iru machi
  12. True Tears
  13. Anohana
  14. Shigatsu wa Kimi no Uso
  15. Nagi no Asukara
Jujur pertama saya lihat,sedikit kaget, bukan saya sok cuman kenapa anime-anime tersebut yang mereka sebutkan kedalam anime NTR (NTR yang saya pahami nomor 1).

Lalu saya membaca lagi secara perlahan jika kita kutip NTR dalam artian "menikung/ditikung" maka iya semua cerita dari ke-15 anime tersebut masuk, tidak ada yang salah, karena ceritanya mengandung terlalu banyak komplit soal cinta yang bertepuk sebelah tangan atau ditikung teman sendiri.

Pertanyaan timbul, apakah salah NTR jika diartikan sebagai "Nikung Tanpa Rem"?

Saya tidak tahu siapa yang pertama mengenalkan kata-kata tersebut, kata tersebut sudah cukup populer ketika 2015 silam. Namun tidak banyak yang menanggapi karena sebagian mengetahui arti sesungguhnya dari NTR tersebut.

Jadi apakah salah?

Jawaban saya dua, bisa iya bisa tidak.

Jawabannya salah, jika kamu berklibat ke jepang dimana sumber informasi sebenarnya mengenai seluk beluk anime, karena seperti yang kamu ketahui arti NTR jika dibahasa jepang bukan sekedar menikung saja.

Dilain pihak bisa juga tidak, mengapa? karena kurangnya informasi yang dia terima mengenai apa sih arti dari NTR didalam anime tersebut.

Lalu apakah saya menyalahkan publihser diatas? Tentunya tidak, dan saya yakin ia sudah melakukan riset dan telaah terlebih dahulu sebelum mempublish tulisan diatas. Namun, jika kita melaukan risetnya terhadap mesin pencari google, maka banyak blog yang pembahasannya sama, yaitu NTR = Nikung Tanpa Rem atau sekedar menikung saja. (walaupun jika kamu mencari kata NTR di tahun 2015-2017, maka banyak publisher yang menyebutkan arti NTR secara versi jepangnya, bahkan ada yang menanyakannya kepada orang jepang langsung).

Melihat hal tersebutlah saya tidak menganggap dia salah.

Dan teori mengenai NTR yang diketahuinya juga tidak salahkan, karena informasi yang dia terima dimasyarakat umum juga seperti itu.

Sehingga jika dilihat bahwasannya dalam bahasa indonesia pada kebanyakannya NTR bisa berarti Tikung Tanpa Rem, yang mana kisahnya berfokus kepada cerita seseorang yang direbut oleh teman atau sahabatnya sendiri atau tikung menikung.

-----


Berdasarkan penjelasan diatas, apakah kamu sudah paham mana yang arti sesungguhnya dari NTR tersebut.

Jangan sampai salah lagi ya beberapa anime memang terkadang kisah cinta yang disampaikan sangat terlihat seperti NTR padahal ceritanya hanya triangle love biasa, atau kita cinta antar beberapa orang.

Saya rasa postingan pertama di tahun 2019 sekian dulu, mungkin kedepannya saya akan kembali membahas beberapa pemahaaman yang sedikit keliru mengenai dunia jejepangan atau anime yang beredar di masyarakat luas, atau mungkin pembahasan yang lainnya, tergantung mood dan ramai dibicarakan.

Bisa juga jika kamu ingin saya membahas suatu topik, kamu bisa menghubungi saya dihalaman contact dihalaman utama blog dan beritahu saya topiknya, saya akan dengan cepat meresponnya :)

Terima kasih bagi kamu semua yang sudah membaca sampai keparagraf ini,semoga informasi yang berikan bermanfaat bagi kamu semua dan sampai ketemu di postingan berikutnya .

*Awas belakangmu* 

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

2 comments

  1. Mbak ternyata wibu yaa... Wkwk. Jujur aku nggak begitu paham sama anime. Aku cuma suka dua anime yaitu Naruto sama Gintama saja wkwkwk. Tapi sekarang sudah nggak ada jadi nggak pernah nonton anime lagi. Kalo anime-anime yang sekarang masih belum tertarik buat nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cowok mas :D
      Wah anime legend itu mas yang cukup banyak beri pelajaran hidup dan sama-sama tumbuh besar bersama sampai tamat.
      Sama sih seperti mas, sekarang cuman ikutin anime one piece aja karena penasaran gimana endingnya setelah lebih dari 20 tahun.

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post