Iklan Billboard 970x250

Sekarang Blog Sudah Sepi?

Sekarang Blog Sudah Sepi?


Hallo semuanya.
Sudah lama rasanya saya tidak berkunjung ke sini dan menulis di sini juga. Jika dilihat berdasarkan arsip sudah hampir 4 bulan tidak ada postingan terbaru. Cukup lama juga ya.

Hmmm sepertinya mulai tahun 2019, saya akan usahakan membahas suatu topik setiap minggu atau dua minggu sekali sehingga blog ini tidak kembali dimakan sarang laba-laba disudut widgetnya. 

Untuk memulainya, saya akan memulai membahas suatu topik yang mulai kepikiran di benak saya ketika membuka kembali blogger.com.

Kenapa blog pribadi sekarang sepi ya?



Jika dibilang sepi sih tidak, malahan sekarang bila dilihat berdasarkan antusiasnya diberbagai forum ataupun gruop-gruop blog jumlah blog yang dibuat semakin hari semakin ramai, tapi. Ya tetapi, yang cukup sepi untuk blog dengan topik blog pribadi.

Ya blog pribadi yang memang khusus membahas tentang topik pribadi pendiri blog tersebut, terlepas dari topik yang ia bahas, tetapi blognya bersifat pribadi. Walaupun bila berdasarkan url/nama dari blognya sih tidak sedikit, bahkan bisa dibilang sangat banyak yang menggunakan nama pribadi tetapi konten yang didalamnya? Hah itu yang menjadi topik pembahasan kita kali ini.

Seperti kebanyakan blog pribadi pada umumnya, biasanya tulisan atau artikel yang terdapat didalamnya berisikan keresahannya dikehidupan sehari-hari, ada seperti diarynya, tips-tips atau sekedar sharing berbagi informasi saja. Namun, semakin hari semakin kesini konten-konten yang seperti itu berlahan namun pasti mulai hilang timbul hilang dan bahkan susah kelihatan lagi.

Mengapa demikian?

Ada beberapa faktor yang bisa saya tarik berdasarkan penglihatan saya sejak beberapa minggu terakhir ini diberbagai forum maupun group blogger mengenai kenapa semakin hari, konten yang dibahas blog pribadi tidak seperti dahulu yang fokus kontennya jelas, tetapi sekarang mulai melebar dan identitas aslinya mulai pudar.

(Ini murni opini saya, jika ada keberatan monggo untuk berdiskusi dikolom komentar, terima kasih:) )


1. Mulai Tertinggal Jaman


Faktor pertama memang sangat tepat menurut saya. Semakin hari, semakin ramai blog sehingga persaingan untuk topik pribadi mulai tersingkirkan dengan topik-topik menarik lainnya yang lebih fresh atau up to date dalam informasinya.

Bisa dibilang jenis platform seperti blog pribadi mulai ketinggalan jaman, karena apakah masih ada orang yang tertarik selalu menunggu tulisan-tulisan seperti yang saya buat saat ini setiap minggunya?
Jika kita kembali ke tahun 2007/2008 mungkin iya, karena jumlah blog pribadi belum begitu ramai dan masih banyak yang penasaran akan cerita-cerita tersebut.

Tapi jaman sekarang? Mungkin orang akan lebih senang bersadar menunggu postingan foto/story baru di instagram atau tweet terbaru kamu di twitter. Daripada harus menunggu beberapa hari demi sebuah postingan yang cukup panjang dari sebuah blog.

Tidak ada salahnya, jaman semakin berubah maka trend pun akan semakin berubah, sehingga tidak menutup kemungkinan juga banyak yang dulunya mungkin adalah konten blog pribadi, kemudian dipindahkan ke platform lain yang lebih baru dan relevan dengan jaman sekarang.


2. Youtube


Sama seperti halnya nomor pertama, semakin berkembangnya platform baru membuat semakin menurun juga minat orang untuk membuat blog pribadi dan mengisi kontennnya, terutama ketika trend youtube mulai merasuki jiwa masyarakat Indonesia.

Sekitar tahun 2014-2015, ketika trend vlog mulai merabah ke youtube dan masyarakat Indonesia, secara perlahan konten pribadi pun pindah dari blog ke youtube. Bila dilihat berdasarkan ketertarikan terhadap konten maka konten vlog akan jauh lebih unggul dibandingkan dengan konten blog.

Mengapa?

Karena dalam konten vlog, kita melihat video atau secara visual apa yang disampaikan oleh kreatornya kepada kita. Dengan suara dan visual maka akan lebih membuat kita nyaman lebih lama menikmati kontennya dibandingkan hanya berdasarkan tulisan saja.

Untuk poin ini memang blog mulai tertinggal, meskipun dalam fiturnya sendiri terdapat konten video, namun pemanfaatannya yang kurang maksimal sehingga konten dalam blog terlihat sangat monoton. Hanya tulisan-tulisan yang selalu ditampilkan dihalaman blognya,berbeda dalam konten youtube yang menyajikan konten-konten video dengan editan atau tampilan yang berbeda setiap videonya sehingga membuat kita tidak bosan untuk melihatnya secara terus-menerus.

3. Konten yang ramai dan Adsense/Penghasilan


Tidak dipungkiri sejak diketahuinya bahwa blog bisa menghasilkan uang untuk kreatornya membuat orang berbondong-bondong mulai membuat blog dan mengisi kontennya. Namun sama seperti kejadian nomor 1 dan 2, jaman yang semakin berubah akan membuat minat pembaca pun semakin hari semakin berubah juga.

Ketertarikan dan minat orang untuk membaca konten yang bersifat pribadi mulai menurun, karena beberapa mulai berpikiran buat apa menghabiskan waktu hanya untuk membaca sebuah tulisan yang mungkin terlihat seperti diary namun bersifat online. Karena semakin sepinya ketertarikan orang terhadap konten pribadi akan berbanding lurus juga dengan pengdapatan yang kreator dapatkan.

Jika kontennya semakin sedikit dilihat orang maka akan semakin sedikit penghasilan, begitu pula jika kontennya semakin ramai dilihat orang maka akan semakin besar pula penghasilan yang ia dapat. Melihat hal ini maka semakin banyak orang yang mulai melirik topik yang selalu mendatangkan views dalam jumlah yang banyak sehingga penghasilan yang didapatkan pun meningkat.

Tidak dipungkiri semua orang yang menjalankan blog juga ingin mengharapkan penghasilan tambahan, sehingga jika kita tidak mengikuti pasar yang sedang trend maka kita akan bisa bersaing untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Jadi tidak usah heran jika banyak blog-blog dengan name/url pribadi tetapi konten yang disajikan sangat berbeda jauh, seperti blog lirik, blog download ataupun blog hoax dan berbagai jenis lainnya. Semua mereka lakukan satu, demi mencari views yang besar sehingga pendapatan yang mereka peroleh juga akn besar.


Berdasarkan pengamatan saya, 3 point diatas merupakan faktor terbesar yang cukup berpengaruh sehingga konten-konten blog yang bersifat pribadi mulai menghilang secara perlana-lahan ditelan trend.
Bagaimana menurut kamu apakah sama seperti opini saya, atau kamu punya pendapat lain mengenai kejadian ini? Ayo sampaikan dan diskusikan di kolom komentar ya :)


Sekian pembahasan singkat mengenai topik blog pribadi yang semakin sepi berdasarkan opini saya melihat aktifitas terakhir dalam group atau forum-forum blogger, mungkin dilain kesempatan saya akan kembali membahas topik ini lebih mendalam lagi.

Semoga tulisan yang saya buat ini bermanfaat bagi kamu semua yang sudah membaca, dan sampai berjumpa dipostingan berikutnya see ya :)
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post